Teknologi Glass (Kaca), The Future Era | Wikiap
Home » » Teknologi Glass (Kaca), The Future Era

Teknologi Glass (Kaca), The Future Era

A Day Made Of Glass




     Video ini dimulai dengan sebuah Kalimat “7:00 am in the near future” dan menggambarkan sepasang suami istri sedang tertidur dengan sebuah Monitor kaca yang berada di dinding di hadapan mereka menunjukkan pukul 6:59 am. Lalu ketika jam di monitor berganti menunjukkan pukul 7:00 am, jendela yang terbuat dari kaca di sisi sebelah kiri tempat tidur berganti warna dari gelap menjadi bening dan menampakkan pemandangan kebun di luar kamar tidur. Lalu si suami terbangun dan berjalan menuju monitor kaca tadi dan menyentuhnya. Berikutnya yang terjadi adalah dari monitor yang tadinya hanya menunjukkan jam berganti menjadi kemunculan video yang memperlihatkan lalu lintas atau disebut juga Sky Livecam. Kemudian si suami kembali menyentuh monitor kaca dan yang muncul berikutnya merupakan berita yang dibawakan seorang news anchor pria. Detik berikutnya, video menyajikan gambar dimana si istri menggunakan monitor kaca yang ada di atas wastafel kamar mandi. Monitor tersebut juga sekaligus berperan sebagai cermin di kamar mandi. Sang istri menggunakan monitor tersebut untuk melihat jadwalnya hari ini dan mengecek pesan yang ada untuknya. Kemudian ia menyentuh monitor tersebut, dan muncullah display huruf-huruf QWERTY seperti layaknya yang terdapat di keyboard dan mulai mengetik pesan balasan atas pesan yang masuk bagi dirinya tadi. 
     Diperlihatkan berikutnya di dalam video, saat si suami ingin menggunakan kompor, ia hanya perlu menyentuh kaca yang terdapat di atas tempat memasak. Kaca tersebut berfungsi sebagai pengatur suhu kompor sekaligus menjadi kompor itu sendiri. Keberadaan monitor kaca yang dapat juga digunakan sebagai device interaktif yang bekerja dengan disentuh (touch screen) juga berada di tempat masak, meja makan, dashboard mobil, halte bis, meja kerja, dan juga gedung-gedung perkantoran. 
     Video diakhiri dengan adegan dimana seluruh anggota keluarga : suami, istri, dan dua orang anak perempuan berkumpul di ruang keluarga dan menonton TV berukuran sangat besar yang juga dibuat dari kaca yang sangat tipis. Lalu si suami dan istri yang kemudian tidur.



Pandangan Masa Depan Teknologi Komunikasi Dalam A Day Made of Glass

     Corning sedang bergerak dalam penelitian yang mengedepankan keberadaan permukaan kaca interaktif seperti yang mereka gambarkan pada video A Day Made of Glass. Penelitian tersebut berfokus pada kaca, bermitra dengan teknologi pendamping, yang berusaha diciptakan untuk mencapai teknologi komunikasi yang lebih efektif dan efisien bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Chairman dan CEO dari Corning Incorporated Wendell Weeks mengatakan rencana Corning untuk masa depan mencakup sebuah dunia di mana permukaan biasa berubah dari satu dimensi utilitas ke dalam perangkat elektronik canggih. 
     Video A Day Made of Glass ini menggambarkan sebuah dunia di mana permukaan kaca interaktif dapat membantu manusia tetap terhubung melalui pengiriman informasi real-time dimana saja dan kapan saja- di saat manusia sedang bekerja, berbelanja, makan, atau bersantai . Pandangan ini menggambarkan keinginan terciptanya dunia dimana terdapat adanya kemudahan dan kualitas komunikasi.. Saat ini bahkan kita sudah dapat melakukan streaming film pada sebuah televisi dan melakukan panggilan video pada komputer notebook, pada dasarnya secara gratis. .

A Day Made of Glass dan Kesempatan Aplikasi Pandangan Masa Depannya di Indonesia

     Di dalam video A Day Made of Glass, Corning mengedepankan bahwa pandangan masa depan yang mereka miliki merupakan sesuatu yang diharapkan bisa terjadi di dalam waktu dekat atau mereka menyebutnya dengan istilah “near future”. Di dalam video ini juga dikedepankan penggunaan layar sentuh pada kaca yang interaktif agar dapat memudahkan penggunaan kaca sebagai media atau alat komunikasi. Globalisasi mendorong adanya kemajuan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi dan menjadikan dunia sebagai suatu pasar tunggal bersama. 
     Kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi semakin memperlihatkan perkembangannya dan bahkan memengaruhi meliputi aspek ekonomi, sosial, budaya, hukum, agama, dan politik. Perkembangan teknologi tersebut jika dimanfaatkan secara tepat akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat suatu bangsa. Jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari dua ratus juta jiwa, membuat Indonesia sebagai lahan bisnis bagi para produsen alat teknologi informasi dan komunikasi. 
     Salah satu inovasi teknologi informasi dan komunikasi yang sedang sangat populer di Indonesia adalah teknologi Layar sentuh atau (touch screen) pada suatu alat telekomunikasi. Teknologi ini disukai karena memudahkan pengguna dalam memberikan instruksi kepada device yang mereka miliki, hanya melalui sentuhan tanpa harus menekan tombol-tombol apapun.      
     Berbicara tentang teknologi Layar Sentuh atau (touch screen), berkembangnya teknologi tersebut akhir-akhir ini membuat para produsen alat telekomunikasi saling berlomba untuk mengaplikasikan teknologi tersebut pada produk yang akan dipasarkannya agar semakin menarik minat pasar. Melihat antusiasme masyarakat Indonesia terhadap teknologi layar sentuh, memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia juga telah siap dengan adanya teknologi komunikasi berbasis layar sentuh berupa kaca yang interaktif seperti yang ada di dalam video A Day Made of Glass.


  •  A Day Made of Glass


A Day Made Of Glass merupakan suatu konsep dimana aktivitas keseharian manusia ditunjang melalui teknologi yang berbasis Digital Signage dengan material dasarnya adalah kaca. Pemilihan material kaca karena kaca merupakan material yang tangguh namun tipis dan ringan. Sifat ini yang dapat menjawab kebuhan masa depan terkait bahan lain yang biasanya digunakan sebagai material dasar barang elektronik seperti besin atau baja. Selain itu kaca juga merupakan isolator sehingga tidak mudah panas dan tidak berbahaya akan aliran listrik. Dan yang terpenting adalah kaca dapat mengaktifkan sirkuit elektronik yang kompleks dan mengandung nano teknologi sehingga memudahkan untuk diaplikasikan di material tersebut.
  • Digital Signage
Digital Signage merupakan merupakan bentuk dari suatu perangkat elektronik yang diatur oleh suatu sistem komputer baik secara otomatis maupun dikontrol oleh manusia. Digital signage yang sederhana adalah televisi. Selain itu, digital signage dapat berbentuk LCD, LED, plasma displays, dan  sebagainya. Biasa nya Digital signage dipergunakan pada fasilitas publik, seperti bandara yang memasang LCD untuk menunjukkan jadwal keberangkatan.
 Gambar 1 : Digital signage sebagai display informasi jadwal keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng-Tangerang.
 Digital Signage mengarah kepada electronically controlled signs yang dapat diperbaharui secara cepat dengan biaya yang murah, dan pesan yang ingin disampaikan dapat terkirim ke ratusan atau bahkan ribuan display dalam satu waktu secara bersamaan.
Digital Signage mensupport penuh semua klasifikasi media digital, termasuk text, still images, audio, animasi dan video.  
  •  Identifikasi Video A Day Made of Glass 


Gambar 2  
"Aplikasi Digital Signage pada cermin"
Dari cuplikan gambar potongan dari video "a day made of glass 1", menunjukkan seorang ibu dapat membaca dan membalas email dari rekannya hanya melalui suatu cermin. teknologi ini tentunya terintegrasi dengan suatu sistem Smartphone yang dimilikinya yang kemudian tersambung pada cermin tersebut. Hal ini dapat menunjukkan konsep digital signage yang dapat diatur oleh manusia tersebut.


Gambar 3
"Aplikasi Digital Signage pada Meja"
 Dari cuplikan gambar di atas yang merupakan potongan dari video "a day made of glass 1", menunjukkan seorang anak dapat melakukan video call melalui sebuah meja yang berbahan dasar kaca. Tekonologi ini tentunya terintegrasi dari sebuah smartphone dengan teknologi transfer super cepat yang kemudian mentransfer data video dari video call tersebut ke sebuah media dimana meja terbuat dari bahan utama kaca.
Gambar 4
"Aplikasi Digital Signage pada Kendaraan"


 Pada kendaraan tersebut, suatu material kaca dipasang dan menampilkan aplikasi digital signage yang ditunjukkan pada gambar di atas. Seseorang dapat berinteraksi dengan aplikasi tersebut dan mengatur semua fitur yang ada pada kendaraan tersebut, seperti GPS, pengaturan temperatur kendaraan, dan sebagainya. Hal ini juga berkaitan dengan aplikasi smartphone yang terintegrasi dan menghasilkan suatu smartcar.
Gambar 5
"Aplikasi Digital Signage pada Halte"
Dalam pengaplikasiannya, pengguna dapat bebas memilih rute mana yang diinginkan yang tersedia pada halte tersebut dan bahkan dapat menyimpan rute tersebut ke dalam smartphone yang lagi-lagi terintegrasi dengan sistem tersebut. Material dasarnya pun terbuat dari kaca.
Gambar 6
"Aplikasi Digital Signage pada lemari pakaian"
Pada lemari tersebut memiliki teknologi yang sama seperti hal nya mesin penjual minuman otomatis. anak tersebut sedang memilih pakaian yang akan dia kenakan, ketika ia sudah selesai memilih, makan pakaian tersebut akan otomatis keluar melalui lemari di bawah nya.


Gambar7
"Aplikasi Digital Signage pada dinding"


Dinding tersebut memiliki fungsi yang sama dengan smartphone yang memiliki fitur video call, hanya saja pada dinding ini sudah mendukung untuk melakukan multitasking. Jadi pada saat dokter tersebut sedang melakukan video call, pada saat yang sama ia bisa mengakses data yang diberikan oleh dokter lainnya.
  • Kesimpulan
Pada video "A Day Made of Glass" ini tentunya membantu menjawab kebutuhan aktivitas keseharian manusia seperti menunjang efisiensi waktu dan kepraktisan yang dipadatkan dalam beraktivitas. Konsep ini menunjang kebutuhan beraktivitas berbasiskan teknologi tinggi dan futuristik, yaitu berbasis digital signage yang berintegrasi dengan smartphone / smartgadget dan bermaterial dari bahan kaca, bahan yang dinilai paling baik untuk menerapkan teknologi tersebut.
Dengan teknologi tinggi, bukan berarti teknologi ini tidak memiliki dampak positif dan negatifnya. berikut adalah dampak teknologi tinggi tersebut :
  • Dampak Positif dari teknologi tersebut
  1.  Dapat mengubah prilaku manusia menjadi lebih praktis dan dinamis
  1. Dapat membantu mendorong perkembangan suatu wilayah seperti perkotaan untuk menjadi lebih produktif dan menunjang kegiatan penduduknya
  • Dampak negatif dari teknologi tersebut
Dapat memungkinkan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan diakibatkan oleh gelombang elektromagnetnya.
Adapun hasil printscreen dari film A Day Mad Of Glass








Dan ini adalah video yang lainnya:



1 komentar:

  1. Fitur apa saja yang harus ditambahkan dalam perkembangan Glass Technology?

    BalasHapus